Minggu, 13 November 2011

Rahasia Dibalik Kepintaran Mahasiswa


Sahabat, untuk kesempatan kali ini saya akan mengupas bagaimana kiranya kita sebagai mahasiswa dapat meraih apa yang kita inginkan. Salah satunya menurut saya, setiap orang pastilah ingin menjadi seseorang yang cerdas, dan dengan kecerdasannya itu,diharapkan bisa membawa dia dalam kesuksesan yang sebenarnya.
Ada beberapa hal yang perlu kita cermati atau pahami, kebanyakan dari mahasiswa, mereka menginginkan untuk menggapai harapannya itu dengan mudah, sehingga berbagai carapun telah dilakukan, dari yang baik hingga ke arah yang tidak baik atau menyalahi aturan.
Tips Jitu buat kalian:
Kita niatkan terlebih dahulu bahwa proses pembelajaran kita, kita lakukan karena Allah SWT, hal ini akan menumbuhkan dalam diri kita yaitu rasa bersyukur dan ikhlas. Dulu pengalaman saya waktu SMP atau SMA, memang nilai ujian saya bagus, tapi hal ini tidak saya dapat atas jerih payah sendiri, melainkan contekan sana-sini. Tapi semenjak saya masuk kuliah saya pelajari kehidupan saya. Ternyata saya salah jalan untuk meraih kesuksesan. Perlu sahabat ingat bahwa Allah melihat apa yang kita lakukan atau usahakan, Allah akan memberi balasan pada kaumnya sesuai dengan apa yang mereka usahakan. Kalo memang yang di usahakannya itu dengan jalan yang tidak baik atau curang, saya yakin 100% hasilnyapun tidak akan baik dan tidak pula bermanfaat, sahabat harus yakin itu. Percuma dapat nilai bagus tapi itu hasil kecurangan kita sendiri.
Dulu awalnya juga saya ragu, kalau saya jujur malah saya akan kalah bersaing dengan yang lain. Tapi kenyataannya tidak seperti itu. Contohnya ketika saya jujur dalam belajar atau ujian baik itu pada waktu ujian atau diluar ujian, yang saya dapatkan malah nilai yang bagus. Jadi terutama waktu ujian, kita usahakan mengerjakan tes semampunya kita, apabila kita mapunya enam soal, yaitulah hak kita. Sehingga kita berfikir untuk mempelajarinya. Tapi yang sangat penting untuk sahabat ingat bahwa setelah proses itu kita lakukan, hasinya kemudahan disana sini berdatangan, mudah untuk menghapal, mengerjakan tugas, da sebagainnya. Jadi intinya tunjukan kepada Allah usaha kita yang semaksimal mungkin, Allah SWT yang maha pemurah dan maha penyayang tidak akan membiarkan hambanya yang bekerja keras dan sungguh-sungguh.
Coba liat disekeliling sahabat, pasti kebanyakan mahasiswa yang cerdas dalam segala bidang, dia pasti orangnya jujur, serius dalam belajar, tapi memang banyak orang bilang dia pelit dalam ujian, ya memang harus seperti itu.
Tips ujian yang mesti dibiasakan:
 pertama masuk dengan diiringi dengan niat dan do’a sahabat langsung duduk, jangan banyak tengok kanan kiri, karena selain akan mengganggu peserta ujian lain, sahabat akan terganggu juga dengan peserta lain yang kemungkinan akan bertanya pula kepada sahabat sekalian. Saya yakin mereka tidak semudah membalikan telapak tangan untuk menggapainya.
  untuk pengajar sbg teladan
disamping itu harus adanya keseimbangn atau relevansi antara bahan ujian dengan kemampuan siswa. guru tidak bisa semena mena menyamakan cara belajarnya sendiri dengan siswanya, bukannya guru yang baik adalah guru yang mampu membuat anak didiknya menguasai kompetensi dengan tidak menyama ratakan kepintarannya.!!! berkorban demi kemajuan anak didiknya, bukan semata mata agar namanya terangkat.. apalagi dikalangan mahasiswa, mereka bukan boneka yang bisa dimainkan sesuka hati,, sodari anisa sempat komen katanya "tugas yang menumpuk, malah bikin mumet, apalagi pas mw ujian, jadi ga konsen," menurut saya juga memang  pada dasarnya itu baik untuk melatih daya juang mahasiswa, tp ketika mahasiswanya punya kesibukan lain gmn?jangan sampai ya dengan numpuknya tugas, mereka lalai dari kewajiban utamanya seperti ibadah... yang penting mereka tuh ngerti.. cukup. mereka bukan anak SD lagi.. sterakhir, buatlah mahasiswan pintar, bukan nama anda yang orang lain anggap pintar. mending kl ia, nah kl nggaa. sekali lagi, mahasiswa bisa menilai bukn hanya dinilai.


berjuang terus kawaaaan

1 komentar: